PAY PER CLICK

1. Konsep pay per click
            Pay per click atau biaya per klik dalam bahasa indonesia, merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet, Dimana pemasangan iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web. Cara beriklan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin pencari seperti google,yahoo, MSN bahkan pada web media sosial seperti facebook. Selain itu sistem biaya per klik digunankan juga pada iklan banner, direktori belanja seperti nextag dan shopping.com.
           Ada beberapa langkah jika anda ingin beriklan menggunakan biaya  per klik yaitu :
a. Membuat konten dari iklan yang ditawarkan 
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan 
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang di klik
          Sedangkan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platfrom PPC) adalah :
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan (pedoman editorial)
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik pertayang
       Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. kepala (heading): maksimum 25 karakter
b. line 1 : maksimum 35 karakter
c. baris 2 : maksimum 35 karakter
d. URL tampilan : maksimum 35 karakter
e. tidak ada tanda seru berulang
f. tidak ada kata tulis dalam huruf besar semua
g. tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan
h. tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu " atau superlatif dapat diginakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga
i. nomior produk dapat digunakan
        Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar untuk melengkapi teks. Oleh karena itu menulis salinan iklan yang efektif adalah sebuah keterampilan penting untuk iklan PPC. Memasukkan kata kunci pencarian dinamis ke dalam salinan iklan yang muncul atau menggunakan kata kunci dalam salinan iklan. Gunakan kata-kata menarik dan mengajak sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan, misalkan: coba sekarang, mendaftar sekarang, beli sekarang. Banyak pengiklan menempatkan tawaran dalam salinan iklan, seperti diskon atau penawaran voucher, jasa seperti pengiriman gratis, belanja aman atau pengiriman cepat.
       Sebuah iklan Facebook terdiri dari.
a. Judul (25 karakter maksimum), yang tekait dengan URL tujuan (atau Facebook destination)
b. gambar (110 x 80 piksel )
c. badan teks ( 135 karakter maksimum)
d. konteks sosial yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan yang ditampilkan oleh teman kita.

2. Optimasi PPC
       Bagaimana Anda mengetahui iklan Anda bekerja dengan baik? Apakah iklan yang Anda buat sudah bekerja optimal? Untuk menjawab hal tersebut ada beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan yaitu.

A. Memilih kata kunci yang tepat
Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata kunci yang tepat. Sebagai gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut
1. luas/broad
       Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci ( salah eja dan sinonim)
2. frasa (phrase)
       Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci ("frasa match") berati iklan anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada didalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain juga berada dalam istilah pencarian.
3. sama persis (exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku (sama persis)berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih.
4. negatif(negative)
        Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci (-negatif)berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan.

B. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan. Misalnya, Kalian hanya ingin iklan untuk pencarian bahasa Inggris di Asia, atau  bahasa Inggris pencarian di Indonesia. Maka kalian tidak perlu membayar atas akses yang tidak diinginkan
atau diluar area penargetan iklan.
C.  Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang (demografi )pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapatmenargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1. jenis kelamin
2. lokasi
3. status hubungan
4. kelompok umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan
1. suka dan kepentingan
2. interaksi dengan merek/produk
d. Menambah ekstensi advert
D. menambah ekstensi advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan
salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks yaitu.
1. Perluasan Lokasi
           Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini,  akun AdWords dan Bisnis Lokal(www.google.com/local) perlu dihubungkan.
2. Sitelinks Iklan
          Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3. Ekstensi Telepon
          Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4. Ekstensi produk
          Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5. Penjual ratings ekstensi
          Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik.
E. penawaran dan peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang  dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(cost per click)  maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data
dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price (GSP) yang merupakan variasi pada lelang Vickrey.
Hal ini akan berbeda ketika iklan tampil berdasarkan faktor peringkat, Dalam  Google AdWords, ini dikenal sebagai Angka Mutu ( Quality Score (QS)). Angka mutu diterapkan pada kata kunci, grup iklan dan tingkat akun. Penting bagi kalian untuk menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik karena mempengaruhi peringkat dan biaya per klik. Angka mutu ditentukan oleh faktor-faktor antara lain :
1. Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2. Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3. Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4. track record CTR (clicktrough rates )  iklan tersebut.
Nilai skor kualitas dapat diperingkat sebagai berikut:
1. Bagus(8,9, 10) : kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu diperbaiki.
2. OK (5,6,7) : kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan keuntungan dari QS tinggi.
3. Buruk(1, 2, 3, 4)kata kunci ini tuidak relevan dan Qs perlu perbaikan
F. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan,jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio klik per tayang tertinggi (RKT)dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal.
CTR sebuah iklan adalah clicks/impression . Tingkat konversi dari sebuah iklan adalah konversi/klik. Biaya per tindakan ( atau biaya per setiap  konveksi )adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata per klik adalah total biaya kampanye/jumlah klik. Sebagai pemasang iklan, Anda perlu mengetahui nilai setiap konversi sehingga Anda tidak membayar terlalu banyak untuk iklan yang diklik.
G. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan. Mengirimkan pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak pilihan lain untuk memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari " Canon EOS 450D ", Pengiklan yang kurang baik akan mengirimkan konsumen ke www.canon.co.uk. Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan pengguna ke halaman yang dituju dengan URL :

www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450D/index.asp

H. Pelacakan
Bagaimana Anda mengetahui konsumen mengakses/mengklik iklan yang ditayangkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan konversi yang tepat. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Andammengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.

3. Menyiapkan kampanye PPC
a. Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan,pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan
1. Apa yang akan Anda jual.
2. Merek apa yang harus Anda gunakan.
3. Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan.
4. Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan
5 Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?.
b. anggaran
tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk mencapai tujuan anda (biaya per action). putuskan berapa banyak anggaran anda untuk kampanye PPC misalnya pada alamat http://www.ppcbudget.com/ppc-roi-calculator/
Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapatdihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
1. Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
2. Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
3. Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung sebagai batasannya.
4. Kata Kunci
Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu, Anda perlu tahu.
    a. Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukan kata kunci.
    b. kata-kata apa yang akan menunjukan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari           anda ( misalkan kata  seperti gratis)
    c. Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang akan membantu Anda dalam         mengembangkan daftar kata kunci, dan menentukan volume kata kunci. Ada yang gratis dan ada         pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja misalnya                     www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/.
c. Memilih platform PPC
Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif, Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye
PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam
mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program pelatihan dan sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia, meskipun penargetan geografis adalah yang ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen.

d. Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang, Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.

1 komentar: